22 Penemuan Terbaik Tahun 2012 (Bagian 1)

22 Penemuan Terbaik Tahun 2012

Dari robot, gadget, sampai inovasi-inovasi unik lainnya yang sebagian bisa bikin kantong kita bolong berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan cuma buat nambal kalo mau membelinya. Berikut ke-12 penemuan-penemuan terbaik tahun 2012 tersebut.

Awan Ruangan


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Awan Ruangan

Harga: Tak ternilai

Ini bukan sotosop gan. Seniman dari Belanda, Berndnaut Smilde telah mengembangkan cara untuk membuat sebuah awan. Yup sebuah awan, tetapi dalam ruangan. Untuk menciptakan awan ini, ada banyak plannya, paling gak itulah yang dikatakan oleh seniman tersebut. Dari temperatur, kelembaban, serta pengaturan pencahayaan yang pas harus bisa didapat kalo mau bikin awan yang sempurna kayak bentukan alam.

Awan ini hanya bertahan beberapa saat doang, namun anehnya, awan ini benar-benar bergerak. Entah karena persiapannya, tapi satu yang pasti kata Smilde, bahwa perpaduan seni dan penggunaan teknologi yang pas akan membuat suatu karya seni terlihat begitu wah dan memberi banyak kejutan bagi orang yang menikmatinya.

The Civilization Starter Kit


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: The Civilization Starter Kit

Harga: Gratis

Marcin Jakubowski membuat traktor dalam 6 hari. Si doi menceritakan kepada dunia bagaimana dia membuatnya. Dia membuat desainnya, memamaparkan budgetnya, serta memposting tutorialnya secara online, gratis pula.

Jakubolowski adalah seorang petani, ilmuwan dan juga pendiri Open Source Ecology. Dia telah mengidentifikasi 50 mesin paling berguna yang paling kita perlukan dalam era modern saat ini. Dari mesin penggali tanah sampai oven dan kita semua bisa membuatnya tanpa harus keluar biaya yang banyak dengan Starter Kit ini.

Bor dengan Sensor Gerakan


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Bor dengan Sensor Gerakan

Harga: $150

Sensor yang terdapat pada smartphone dan controller Nintendo Wii akhirnya digunakan juga oleh alat lain, yaitu bor pertama di dunia yang menggunakan sensor tersebut, Black & Decker’s cordless 4v MAX Gyro.

Miringkan bornya ke kanan atau ke kiri pada saat agan-agan menggunakan alat ini, maka bor ini akan dengan sendirinya melakukan tugasnya. Terima kasih kepada giroskop internal yang berfungsi sebagai sensor pergelangan tangan kita pada saat kita menghidupkan bor ini.

LiquiGlide


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: LiquiGlide

Harga: 25 sen per botol

Lima orang pelajar dari MIT dan profesornya, Kripa Varanasi, telah menemukan cara untuk membuat segala sesuatu yang ada di permukaan menjadi licin. Dari saus tomat yang sulit keluar hingga gundukan salju yang ada di sayap pesawat terbang. Inovasi ini dibuat dengan sel-sel yang berasal dari tumbuhan yang kemudian disempurnakan sehingga menjadi apa yang disebut dengan “lapisan pelicin”.

Alat Tes HIV OraQuick


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Alat Tes HIV OraQuick

Harga: $40+

Hanya dengan air liur dan tunggu 20 menit, agan-agan bakal tau kalo tubuh agan kena HIV atau gak. OraQuick adalah alat tes pertama untuk HIV yang dapat digunakan tanpa dipandu oleh dokter dan tanpa harus agan-agan nunggu berhari-hari untuk mengetahui hasil tesnya.

OraQuick mempunyai layanan 24 jam yang siap menolong agan-agan kalo ada pertanyaan tentang penggunaan alat ini atau bertanya tentang informasi HIV pada tim CS mereka.

Penyuling Air Bertenaga Surya Eliodomestico


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Penyuling Air Bertenaga Surya Eliodomestico

Harga: $50

Seorang desainer yang bernama Gabriele Diamanti telah menciptakan alat penyuling air bertenaga surya yang dikhususkan untuk negara-negara miskin yang kesulitan untuk mendapatkan air di daerahnya. Alat ini dklaim 67% lebih efesien daripada model-model yang sudah ada di pasaran saat ini. Si doi berharap bahwa kelak ada perusahaan lokal yang mengadopsi desainnya ini dan memproduksinya secara masal, terutama di negara-negara dunia ketiga tersebut.

Sarung Tangan Berbicara


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Sarung Tangan Berbicara

Harga: $75

Empat pelajar asal Ukraina telah membuat sarung tangan yang bisa berbicara bagi orang-orang yang gak ngerti bahasa isyarat. Sarung tangan ini dilengkapi dengan sensor yang mengerti bahasa isyarat yang kemudian diartikan kedalam teks ke smartphone agan-agan.

Techpet


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Techpet

Harga: $60

Ingat Tamagotchi? Mainan dari Bandai itu sekarang diperbaharui lagi gan, dan lebih canggih tentunya. Download app Techpetnya, kemudian pasang ke iPhone agan dengan frame robot anjingnya. Dalam sekejap iPhone agan bakal berubah jadi hewan-hewan peliharaan virtual kayak tamagotchi dulu. Hewan-hewan ini bahkan bisa mengenali gerakan dan perintah kita loh.

Pemompa Ban Otomatis


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Pemompa Ban Otomatis

Harga: $200+

Alat pemompa ban canggih dari Goodyear ini akan memompa secara otomatis ban agan-agan saat kempis. Regulator internal dari pompa ini akan terbuka untuk memompa ban saat mengalami kekempisan. Dengan bantuan dari ban yang terus berputar, alat ini akan terus memompa sampai tekanan di ban menjadi normal kembali.

Bounce Imaging


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Bounce Imaging

Harga: $500+

Seorang pelajar dari MIT telah menciptakan alat yang dapat membantu para pemadam kebakaran ataupun para polisi untuk mengetahui kondisi dan situasi dalam bangunan yang terbakar serta orang-orang yang ada di dalamnya tanpa harus mereka mengeceknya ke dalam terlebih dahulu. Alat ini mempunyai 6 kamera, sensor udara, serta sensor-sensor kemananan lainnya. 

Cukup lempar alat ini ke bangunan yang mengalami kebakaran, bounce imaging akan mengirim data-data tentang situasi dan kondisi yang terjadi saat itu ke gadget agan-agan.

Baju Perang Bagi Wanita


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Baju Perang Bagi Wanita

Harga: $555+

Desain baju perang ini adalah peningkatan dari baju perang bagi wanita dari tahun-tahun yang lalu. Baju perang ini akan diuji coba oleh militer Amerika pada kunjungan ke Afghanistan tahun depan. Kunjungan ya? Hmm...

Nah, lanjutannya di sini gan, 22 Penemuan-Penemuan Terbaik Tahun 2012 (Bagian 2 Habis). Tapi jangan lupa bagi dulu ilmu yang agan-agan dapet lewat Facebook atau Twitter, biar afdol.

Sumber: _http://techland.time.com/2012/11/01/best-inventions-of-the-year-2012/_