22 Penemuan Terbaik Tahun 2012 (Bagian 2 Habis)

Lanjutan bagian pertama dari Penemuan-Penemuan Terbaik Tahun 2012. Langsung aja dicekidot!

Kacamata Google


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Kacamata Google

Harga: $1500+

Sama kayak kacamata biasa. Tapi ini bikinan Google dan sudah bulit-in sama komputer. Desain awalnya sangat menarik, tapi kemungkinan besar akan ditingkatin lagi karena Google berencana bakal menjualnya secara resmi pada tahun 2014. Siap-siap rogoh kocek ye.

MakerBot Replicator 2


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: MakerBot Replicator 2

Harga: $2100+

Download atau buat sendiri desainnya. Tekan tombol “Print” dan tinggal tunggu aja printer 3D ini melakukan aksinya saat membuat sebuah objek. Agan-agan bisa bikin ratusan peralatan sederhana dari printer ini. Model terbaru dari MarkerBot inipun diklaim lebih presisi dan cepat dari pendahulunya saat melakukan tugas ngeprint. 

Baxter


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Baxter

Harga: $22.000+

Baxter adalah robot untuk industri. Tapi beda loh, si Baxter dibikin sebagai robot yang ramah (liat mukanya). Baxter didesain oleh ahli robot kenamaan Rodney Brooks dan tugas Baxter dikhususkan untuk tugas-tugas yang ringan seperti packaging dan sorting dalam pekerjaan perindustrian.

Switchblade Drone


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Switchblade Drone

Harga: $40.000-$150.000+

Dengan panjang 60 cm dan berat 2,7 kg, Switchblade Drone adalah senjata terbaru yang bisa digunakan dalam peperangan. Diam-diam membunuh, itulah Switchblade Drone. Benda mungil ini dikontrol secara real-time melalui kejauhan. Tentukan targetnya dan terbangkan Switchblade Drone ini dan kaboom! Target down.

Tesla Model S


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Tesla Model S

Harga: $49.000+

Sedan empat pintu bertenaga listrik keluaran Jaguar ini mempunyai kemampuan untuk “berlari” sepanjang 426 km (sama dengan 2,6 liter bensin/100 km) dalam sekali charge! Yup, Tesla S adalah model terbaru dan diklaim sebagai “the most advanced electric car” tahun ini. Tesla menggunakan kontrol touchscreen, hampir semuanya pake touchscreen. Advance banget kan?

Drifting Fish Farm


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Drifting Fish Farm

Harga: $750.000+

Kampachi Farms, sebuah perusahaan marikultur di Hawai, membuat sebuah alat peternak ikan kampachi yang ramah lingkungan. Dengan kerangka campuran logam tembaga, tinggi 30 meter dan dilengkapi GPS, alat ini merupakan penemuan mutakhir dari perusahaan tersebut untuk menternak ikan kampachi.

Dalam tes perdananya pada tahun 2011, alat ini ditempatkan pada jarak 5 hingga 120 km dari pinggir pantai dan dengan kedalaman 20 kaki. Setelah ditunggu selama 6 bulan, ternyata panen mereka meningkat secara drastis yaitu sekitar 4.500 kg. Jumlah ini merupakan dua kali lipat dari jumlah tahun-tahun sebelumnya.

Elemen 113


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Elemen 113

Harga: $3 juta

9 tahun hasil jerih payah terbayar sudah, sebuah tim yang dipimpin Kosuke Orita dari RIKEN Nishina Center di Jepang, berhasil membuat tiga atom dari elemen sangat tidak stabil, yang diberi kode elemen 113. Meskipun belum diberi nama, elemen ini mempunyai 113 proton dan 165 neutron. 

Baju Astronot NASA Z-1


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Baju Astronot NASA Z-1

Harga: -

Hal terpenting yang harus ada pada setiap kostum astronot NASA adalah selain harus aman juga modelnya yang harus terlihat lebih “spacey”.Kostum Z-1 memberikan itu semua. Dari kostum yang lebih fleksibel dan perlindungan radiasi untuk jangka waktu yang lebih panjang, kostum Z-1 disiapkan untuk misi NASA tahun depan dalam mengarungi angkasa yang tak terbatas.

Kapal Selam Deepsea Challenger


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Kapal Selam Deepsea Challenger

Harga: $8 juta+

Kapal selam ini didesain oleh desainer kawakan kapal selam Graham Hawkes (serta disupport sutradara film terkenal, James Cameron!). Dengan berat 12 ton dan panjang 7,3 m, Deepsea Challenger dapat mencapai kedalaman 11 km di dalam laut. Dibangun untuk dapat menahan 1000 tekanan atmosfer (setara 3 buah mobil SUV di atas jempolmu) serta dilengkapi dengan kamera 3D dan struktur kapal yang dinamis, Deepsea Challenger merupakan salah satu penemuan terbaik dalam lingkup kelautan saat ini.

Menara Bahar


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Menara Bahar

Harga: $245 juta+

Membuat bangunan yang tetap terjaga kesejukannya di Abu Dhabi adalah sebuah tantangan. Namun tantangan itu sepertinya sudah terjawab berkat kehadiran menara Al Bahar. Menara dengan desain yang ruwet ini mempunyai sebuah sistem unik terhadap panas matahari. Menara Bahar bisa mengurangi panas matahari sebesar 50% lebih apabila struktur di bangunan ini terbuka. Menara Bahar juga tidak banyak menggunakan AC dan diperkirakan pengeluaran emisi karbon di menara ini berkurang sekitar 1.750 ton per tahun.

Curiosity Rover


22 Penemuan Terbaik Tahun 2012: Curiosity Rover

Harga: $2,5 milyar

NASA pernah mengunjungi bulan tapi tidak seperti ini. NASA hanya mengirim robotnya ke planet itu. Robot ini dipersiapkan selama dua tahun oleh NASA. Keren!

Keren-keren kan gan penemuan terbaik tahun 2012 ini? Semoga nanti ada dari Indonesia yang bikin penemuan-penemuan hebat! Amiinn.

Sumber: _http://techland.time.com/2012/11/01/best-inventions-of-the-year-2012/_