6 Fakta Menarik Tentang James Bond

6 Fakta Menarik Tentang James Bond

Tokoh super spy ciptaan Ian Fleming ini selalu menjadi fenomenal. Tepat tahun ini, adalah ulang tahun ke 50 untuk super spy James Bond. Tapi ane yakin agan-agan semua masih banyak yang gak tau fakta-fakta dibalik pembuatan film James Bond kan? Kalo mau tau, baca aja artikel ini ampe kelar karena agan-agan bakal banyak dapet informasi tentang fakta-fakta menarik tentang James Bond selama setengah abad ini. Cekidot!

Hak Cipta James Bond Dijual Pertama kali Oleh Ian Fleming dengan Harga 1000 Dolar Amerika



Pada tahun 1954, CBS Television membeli hak cipta James Bond untuk yang pertama kalinya dengan harga 1000 dolar Amerika. Pada saat yang sama pula, seri James Bond diproduksi oleh CBS Television dan yang membintangi James Bond untuk yang PERTAMA KALI saat itu adalah Barry Nelson.

John F. Kennedy Pernah Bertanya kepada Ian Fleming Cara Untuk Menggulingkan Fidel Castro


6 Fakta Menarik Tentang James Bond

Presiden Amerika saat itu, Kennedy juga merupakan salah satu penggemar novel James Bond dan salah satu novel favoritnya adalah “From Russia with Love”. Tahun 1960, Ian Fleming dan John F. Kennedy bertemu dalam sebuah acara makan malam dan tanpa disangka, Kennedy ternyata bertanya kepada Ian Fleming tentang bagaimana cara menggulingkan pemerintahan Fidel Castro saat itu.

Sebagai balasan, Ian Fleming memberikan jawaban yang cukup menggelikan yaitu Kennedy harus membuat janggut Fidel Castro terkena radiasi agar dia mencukur janggutnya dan akhirnya Fidel Castro tak berdaya karena kehilangan janggutnya.

“M” Terinspirasi dari Ibu Ian Fleming Sendiri


6 Fakta Menarik Tentang James Bond

Karakter “M” ternyata terispirasi dari nama panggilan Ian Fleming untuk ibunya. Awalnya banyak orang yang menduga bahwa “M” terinspirasi dari komandan Ian Fleming sendiri saat dia menjadi anggota intelejen pada Perang Dunia II dulu. Namun sesaat setelah kematian Ian Fleming, sang komandan tak terima dengan fakta itu dan benar saja ternyata karakter “M” terinspirasi bukan dari komandannya.

Berdasarkan buku biografi Ian Fleming yang ditulis oleh John Pearson, bahwa karakter “M” adalah berdasarkan watak ibunya yang keras. Ibunya adalah salah satu orang yang Ian Fleming takuti saat masih muda. Dari situ, Ian Fleming pun membuat karakter “M” berdasarkan watak ibunya yang keras tersebut.

“James Bond Ke-2” Dikenal Sebagai Orang yang Suka Mencari Sensasi


6 Fakta Menarik Tentang James Bond

Aktor kedua pemeran james Bond menolak untuk membintangi film James Bond berikutnya karena bujukan temannya/manajernya, Ronan O'Rahilly yang mengatakan George cukup membintangi satu film James Bond saja dan kemudian keluar untuk membuat film James Bond versinya.

Setelah George Lazenby menjadi bintang film terkenal, diapun suka berulah dan mencari sensasi. Seperti menolak jemputan mobil studio yang digunakan untuk menjemputnya hanya karena dia tidak suka warnanya dan makan bawang putih sebelum menjalankan adegan tertentu.

Sensasi berikutnya yang dia buat adalah menolak tawaran 1 juta dolar dari produser film James Bond untuk membintangi kembali tersebut dan akan dengan senang hati membintangi film itu asalkan tawarannya dinaikkan dua kali lipat. Lazenby berujar kalo si doi hanya mau seperti Bond dalam kehidupan aslinya. Serius lu Ndro? Eh Nby?

Pembuat “WA-116” Pernah Ingin Memecahkan Rekor Kecepatan Dunia, Lagi



Masih ingat mesin terbang yang diperkenalkan ama “Q” dalam film “You Only Live Twice”? Tepatnya, nama mesin terbang itu adalah WA-116. Pembuat aslinya dalam dunia nyata bernama Ken Wallis, si doi ngebuat 3 macam kendaraan militer seperti WA-116 pada tahun 1962an dan yang mengejutkan ternyata ketiga kendaraan itu adalah pemegang rekor kendaraan tercepat di dunia, saat itu.

Salah satu product designer film James Bond, Ken Adam mendengar tentang Wallis di radio dan diapun tertarik dengan salah satu kendaraan yang dibuat oleh Wallis dan berpendapat bahwa kendaraan itu akan menjadi sesuatu yang luar biasa dalam film James saat itu. Nah, sekarang umur Wallis hampir mendekati seabad, namun keinginannya untuk memecahkan rekor kecepatannya sendiri ternyata masih menggebu-gebu!

Sean Connery Ketakutan Setengah Mati Pada Saat Adegan Laser dalam Film Goldfinger


6 Fakta Menarik Tentang James Bond

Yup, itu benar agan, Om Sean Connery ketakutan setengah mati di adegan ini. Padahal adegannya boongan doang. Laser yang memotong meja tempat si Om Sean diikat sebenarnya hanyalah special effect belaka. Si tukang potong meja ada di bawah mejanya kok. Ini cuplikan percakapan si pemotong meja; 

Aku ada di bawah meja saat itu, di tengah-tengah tepatnya. Namun aku kesulitan menentukan sedekat mana aku dengan kaki Sean saat memotong meja dari bawah. Aku mendengar Sean keringatan setelah adegan itu. Dan ya, aku takut mencederai aktor, itu pasti mimpi buruk bagiku!


Aku mendengarkan dialog antara Sean dengan Gert dengan teliti dan ketika aku mendengar Sean mengucap kalimat “Operation Gradslam”. Setelah itu aku diberi tahu bahwa hanya tiga inci lagi sebelum aku melukai Sean saat aku menyelesaikan tugasku.

Namun malang bagi Sean Connery, pergelangan tangannya patah saat melakukan latihan bela diri dalam film “Never Say Never Again” dengan Steven Seagal, guru bela dirinya sendiri.

Sumber: _http://io9.com/5958754/11-things-you-probably-didnt-know-about-james-bond?tag=superlist_