10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia

10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia

Batu anti-gravitasi atau batu keseimbangan adalah formasi geologi alami yang menampilkan sebuah batu besar, kadang-kadang seukuran rumah atau lebih, yang berada di atas batu lain yang lebih kecil, atau dalam posisi seakan-akan batu tersebut akan menggelinding jatuh.
Namun pada kenyataannya batu tersebut mempunyai posisi seimbang mirip pemain akrobat yang berjalan di atas tali tetapi sebenarnya batuan itu berhubungan ke batuan lain sehingga terlihat seimbang. Berikut ini adalah 10 batu anti-gravitasi paling terkenal di seluruh dunia.

Balancing Rock - Utah


10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia: Balancing Rock - Utah

Batu keseimbangan ini adalah yang paling populer di Taman Nasional Arches, di Utah, Amerika Serikat. Batu ini terletak di sebelah jalan utama di taman nasional, sekitar 9 mil dari pintu masuk taman. Tinggi total dari batu keseimbangan ini sekitar 39 m yang artinya seukuran 3 bus sekolah disusun menumpuk.

Balancing Rock - Colorado 


10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia: Balancing Rock - Colorado

Batu keseimbangan ini terletak di Garden of the Gods di Colorado Springs, Colorado. Letaknya mudah diakses oleh jalan beraspal dan merupakan tempat yang populer bagi para wisatawan.

Balancing Rock - Nova Scotia


10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia: Balancing Rock - Nova Scotia

Batu keseimbangan ini terletak di Mary's Bay, Long Island, Nova Scotia. Batu ini terlihat menentang gravitasi dengan berdiri di tepi batu karang.

Idol Rock - Brimham Moor


10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia: Idol Rock - Brimham Moor

Banyak formasi batuan misterius tersebar di 50 hektar di Brimham Moor. Salah satunya ya ini, Idol Rock, Batu-batu ini terkikis oleh air, glasiasi dan angin, sehingga mengambil berbentuk menakjubkan.

Batu Jamur - Kansas


10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia: Batu Jamur - Kansas

Batu unik ini terletak di daerah Hills Smoky, Kansas. Terkenal karena formasi batunya yang mirip jamur. Batuan ini terbentuk melalui proses erosi dan pelapukan selama beribu-ribu tahun hingga berbentuk seperti jamur.

Chiremba Balancing Rocks - Zimbabwe


10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia: Chiremba Balancing Rocks - Zimbabwe

Chiremba Balancing Rocks terletak 13 km di sebelah tenggara dari Harare di Epworth, Zimbabwe. Meskipun batu aneh ini bisa ditemukan di hampir seluruh negera itu, tapi yang satu ini menjadi terkenal setelah ditampilkan dalam mata uang Zimbabwe.

Mexican Hat - Utah


10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia: Mexican Hat - Utah

Batu Mexican Hat ini terletak di Highway 163 km sebelah barat dari Bluff, di Utah. Nama "Mexican Hat" terinspirasi dari bentuk sombrero, topi khas negara Mexico.

Devils Marbles (Kelereng Setan) - Australia


10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia: Devils Marbles (Kelereng Setan) - Australia

Devils Marbles adalah batu yang paling terkenal di Australia. terletak di sebelah selatan Creek Tennant dari Northern Territory. Batu Kelereng Setan ini tersebar banyak di daerah tersebut. Banyak dari batu-batu ini mempunyai posisi yang mustahil untuk berdiri seimbang, tetapi kenyataan berbicara lain.

Kjeragbolten - Norwegia


10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia: Kjeragbolten - Norwegia

Kjeragbolten adalah batu yang terjepit di sebuah jurang di pinggir gunung Kjerag di Lysefjorden, Norwegia. Lokasi batu ini mudah diakses dengan berjalan kaki tanpa peralatan khusus. Seluruh gunung Kjeragbolten merupakan daerah mendaki yang populer di mata para pendaki gunung dan Kjeragbolten juga salah satu destinasi favorit bagi para pelancong di seluruh penjuru dunia.

Golden Rock - Burma


10 Batu Anti-Gravitasi Paling Terkenal di Dunia: Golden Rock - Burma

Ini favorit ane gan dari semua batu anti-gravitasi terkenal di dunia. Golden Rock atau bisa disebut Kyaik-htiyo atau Kyaiktiyo yaitu batu yang bertengger di atas tebing dekat Yangon, salah satu situs paling suci di Birma. Menurut legenda, Golden Rock menggelinding sendiri dan bertengger di sehelai rambut Buddha. Batu itu terlihat sangat melawan gravitasi, karena tampak berada di ujung mulut bukit. Di bagian atas batu itu dibangun sebuah pagoda kecil dan ditutupi dengan daun emas yang disisipkan oleh pemujanya.

Sumber: _http://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=729152460_