7 Makna Mengejutkan dari Tokoh-Tokoh Serial Kartun Winnie the Pooh

7 Makna Mengejutkan dari Tokoh-Tokoh Serial Kartun Winnie the Pooh

Siapa yang gak kenal ama Winnie the Pooh, salah satu ikon dongeng anak-anak yang paling terkenal dalam sejarah. Bagi ane, kawanan Winnie, Piglet, Eeyore, Rabbit, Tigger, Owl serta Christopher ini cukup berjasa menemani ane saat ane mau tidur. Tapi siapa sangka, karakter kartun ini ternyata dianggap bermasalah oleh sebagian orang, terutama jika dikaitkan dengan konsep gangguan mental dalam dunia psikologis. Waduh. Nih untuk lebih jelasnya gan.

1. Winnie the Pooh : Eating Disorder

Winnie the Pooh : Eating Disorder

Kekaleman Winnie dalam berbicara ternyata dipengaruhi oleh kebutuhannya akan madu. Nah, kalo si doi gak punya madu, doi bakal panik. Udah ngerti khan apa itu eating disorder?

2. Piglet : Panophobia

Piglet : Panophobia

Karakter babi kecil ini digambarkan memiliki kecemasan yang agak lebay. Gangguan ini mirip-mirip ama gangguan mental pada manusia, dimana penderitanya sering gelisah, sehingga memerlukan obat penenang.

3. Eeyore : Depression

Eeyore : Depression

Gak perlu dijelasin lagi kan gan? Depresi emang gangguan mental. Tanda-tandanya pun mudah dikenali.; kurang aktivitas dan sering menunjukan muka pucat kayak Eeyore.

4. Rabbit : OCD

Rabbit : OCD

Rabbit digambarkan sangat menyukai kerapihan. Nah, menurut para psikiater, sifat ini disebut sebagai OCD (Obsessive Compulsive Disorder). Pengidap OCD menyukai melakukan suatu hal secara berulang-ulang. Dalam hal ini, si Rabbit sangat terobsesi terhadap kerapihan.

5. Tigger : ADHD

Tigger : ADHD

Sudah bisa ditebak kalo si Tigger adalah tokoh yang paling heboh di Acre Woods. Tapi sifatnya itu ternyata cukup berbahaya dalam kajian psikologi. Para psikiater menyebut si macan loncat ini mempunyai gangguan mental Attention Deficit Hyperactivity Dissorder (ADHD) yang artinya hiperaktif atau sangat sulit untuk diam.

6. Owl : Narcissim

Owl : Narcissim

Owl kena sifat narsisme loh! Padahal penampilannya cukup bijak di antara semua penghuni Acre Woods di mata ane, ya meskipun ada sombong-sombongnya. Di kajian psikologis sifat yang dimiliki Owl tersebut ternyata merupakan gangguan mental. Sudah pernah lihat gaya Owl khan? Sangat membanggakan diri secara berlebihan.

7. Christopher Robins : Schizophrenia

Christopher Robins : Schizophrenia

Satu-satunya manusia yang hidup di Acre Woods ini disebut para psikiater menderita skizophrenia. Gak tau gan? Itu loh, gangguan mental di mana si penderitanya hidup di dunianya sendiri dan menciptakan tokoh-tokoh dunia khayalannya untuk menghidupkan dunianya dalam imajinasinya. Wedew. kayak autis aja ya.

Sumber: _http://wassupdoc.wordpress.com/2011/03/08/mental-disorders-demonstrated-by-winnie-the-pooh-characters/_