5 Hacker Paling Terkenal di Dunia yang Pernah Membobol NASA dan Pemerintahan Amerika

5 Hacker Paling Terkenal di Dunia yang Pernah Membobol NASA dan Pemerintahan Amerika

Kita sering banget denger kata hacker, tapi banyak banget juga yang gak tau apa tu kerjaannya. Secara sederhana, seorang hacker ntu bisa nyusup ke sebuah sistem jaringan kemananan komputer dengan keahliannya. Ada dua macam hacker yang mesti kita tau. Yaitu, hacker white hat dan black hat. Hacker yang pertama adalah hacker yang gak merugikan institusi manapun dan hacker yang kedua (atau bisa disebut cracker) adalah hacker yang dapat merugikan suatu kelompok dengan ulahnya ntu, biasanya nyuri data penting perusahaan.

Dalam sejarahnya, gak sedikit hacker yang jadi fenomenal karena ulah-ulahnya seperti hacker-hacker hebat di bawah ini yang pernah membobol sistem keamanan NASA dan pemerintahan Amerika. Cekidot!

Jonathan James


5 Hacker Paling Terkenal di Dunia yang Pernah Membobol NASA dan Pemerintahan Amerika: Jonathan James

Anak ini dikirim ke penjara pada usia 16 tahun karena kelakuannya. Dia pernah membobol situs departemen Amerika dengan alasan tantangan pribadi. NASA juga terkena dampak keusilannya, si doi mencuri software NASA yang diperkirakan seharga 1.7 juta dollar AS. Sehingga NASA dipaksa mematikan server dan sistemnya.

Karena kelakuannya tersebut, dia gak boleh menyentuh komputer selama 10 tahun. Namun sekarang dia sudah tobat dan mendirikan sebuah perusahaan keamanan di bidang komputer. Antara 23 Agustus 1999 dan 27 Oktober 1999, James melakukan serangkaian penyusupan ke berbagai sistem, termasuk ke BellSouth dan sistem sekolah Miami-Dade untuk menganalisis potensi ancaman terhadap Amerika Serikat, baik di dalam dan di luar negeri.

Adrian Lamo


5 Hacker Paling Terkenal di Dunia yang Pernah Membobol NASA dan Pemerintahan Amerika: Adrian lamo

Si doi adalah seorang analis ancaman virus dan juga pastinya, seorang hacker. Dia pertama kali mendapat perhatian media saat berhasil meretas beberapa profil jaringan komputer perusahaan terkenal seperti The New York Times, Yahoo dan Microsoft yang berpuncak pada penangkapannya pada tahun 2003. Pada tahun 2010, Lamo terlibat dalam skandal WikiLeaks. Lamo ditangkap karena ada sangkut pautnya dengan Manning, prajurit perang AS yang telah membocorkan ratusan ribu dokumen pemerintah AS yang sensitif.

Pada bulan Februari 2002 ia masuk ke jaringan komputer internal dari The New York Times, menambahkan namanya ke database internal perusahaan media itu. Tahun 2004, lagi-lagi dia membobol The New York Times untuk mendapatkan info personal dan beberapa data penting dari perusahaan itu. Diapun terkenal karena telah berhasil membobol Microsoft. Atas tindakannya itu, dia didenda 65.000 dollar AS.

Kevin Mitnick


5 Hacker Paling Terkenal di Dunia yang Pernah Membobol NASA dan Pemerintahan Amerika: Kevin Mitnick

Kevin Mitnick adalah orang hebat lainnya yang terkenal karena keahlian hacknya. Ia meretas sistem angkutan bis untuk mendapatkan tumpangan gratis, pernah mengelabui FBI, dan menyusup ke dalam sistem DEC (Digital Equipment Corporation). Dia juga pernah meretas perusahaan-perusahaan penting teknologi  lain seperti IBM, Motorola, NEC, Nokia, Sun Microsystems, dan Fujitsu Systems.

Seorang white hat hacker setenar Tsutomu Shimomura pun, pernah diretas sistem komputernya oleh orang ini. Dia dilacak dan berhasil ditangkap oleh FBI dengan bantuan Tsutomu Shimomura sendiri yang melacaknya melalui jaringan telepon genggam yang dibawa Mitnick. Sekarang dia sudah berada di jalan yang lurus dan menjadi seorang penulis buku, konsultan keamanan dan pembicara.

Kevin Poulsen


5 Hacker Paling Terkenal di Dunia yang Pernah Membobol NASA dan Pemerintahan Amerika: Kevin Poulsen

Si doi lebih sering dikenal dengan nama samaran Dark Dante. Dia pernah beberapa kali meretas database FBI. Diapun pernah berkali-kali meretas jaringan telepon karena itu memang keahliannya. Saat ini si doi adalah senior editor di Wired News dan berhasil mengungkap 740an lebih transaksi prostitusi di MySpace.

Kehebohan terbaik yang pernah dilakukannya adalah pengambil-alihan semua saluran telepon untuk stasiun radio Los Angeles, KISS FM dan diapun mendapat mobil Porsche 944 S2. ia ditangkap bulan April tahun 1991. Bulan Juni 1994, si Dark Dante mengaku bersalah atas tujuh dakwaan pembajakan surat elektronik, surat kawat, penipuan, pencucian uang dan obstruksi keadilan. Dia dijatuhi hukuman 51 bulan penjara.

Karl Koch


5 Hacker Paling Terkenal di Dunia yang Pernah Membobol NASA dan Pemerintahan Amerika: Karl Koch

Karl Koch adalah seorang hacker tulen Jerman tahun 80an. Ia terlibat beberapa insiden spionase pada saat perang dingin. Si doi berasal dari Hannover dan dia mempunyai komputer yang dinamainya FUCKU*P (First Universal Cybernetic-Kinetic Ultra-Micro Programmer). Dia berhasil melakukan beberapa peretasan fenomenal dalam kurun waktu 1985-1988. Sebagai contoh dia pernah sukses membobol beberapa sistem militer AS dan meretas sebuah pusat tenaga nuklir AS pada saat perang dingin berlangsung. Data yang didapat doi itu, doi jual ke KGB, agen rahasia Uni Soviet.

Koch meninggal secara tragis. Si doi ditemukan tewas terbakar pada tahun 1988. Menurut sebagian media, dia bunuh diri dengan cara membakar dirinya sendiri. Namun tidak sedikit media lainnya menyebutkan kalo kematian Koch adalah sebuah konspirasi antara AS dan Uni Soviet saat itu. Karl Koch bekerja tidak sendiri, dia mempunyai teman-teman hacker lain yang dikenal sebagai DOB (Dirk-Otto Brezinski), Pengo (Hans Heinrich Hübner) dan Urmel (Markus Hess).

Nah, itu dia gan, 5 hacker paling terkenal di dunia yang pernah membobol NASA dan pemerintahan Amerika. Motifnya emang beda-beda semua, tapi kita bisa memetik pelajaran dari kejadian di atas. Kalau orang-orang yang mempunyai keahlian tertentu dan terus mengasahnya, memang berpotensi besar untuk menghasilkan sesuatu, serta juga mungkin dapat merubah dunia.

Sumber: _http://www.makeuseof.com/tag/5-of-the-worlds-most-famous-hackers-what-happened-to-them/_