10 Negara dengan Harga BBM Termahal Sedunia

10 Negara dengan Harga BBM Termahal Sedunia
 
Kalo agan-agan pikir Indonesia termasuk harga BBMnya yang termasuk mahal, maka agan-agan salah. Harga BBM justru mahal di negara-negara yang maju loh. Berikut daftar negara-negara dengan harga BBM termahal sedunia seperti yang dituliskan Time is Money.

#10. Belgia


Di urutan ke-10 ada Belgia sebagai negara dengan harga BBM termahal sedunia. Penggunaan rata-rata BBM oleh rakyat di sana adalah 1.67 juta rupiah dalam satu bulan. Pendapatan rakyat Belgia rata-rata adalah 20 juta rupiah yang artinya mereka membelanjakan kira-kira 8,7% dari total pendapatan mereka.

#9. Eritrea


Eritrea adalah negara yang terletak di Afrika, berada di antara Sudan dan Etiopia. Negara ini mempunyai sejarah kelam perang persaudaraan untuk memperoleh kemerdekaan. Selain masuk sebagai negara dengan harga BBM termahal sedunia, Eritrea juga mempunyai masalah kelaparan yang parah. Dengan pengeluaran untuk BBM sekitar 1,69 juta rupiah perbulannya, rakyat Eritrea yang mempunyai kendaraan pastinya akan berpikir berkali-kali untuk menggunakan alat transportasi mereka karena penghasilan rata-rata mereka hanya 2,6 juta rupiah per bulan.

#8. Swedia


Meskipun negara ini terkenal akan kebersihan pemerintahannya, Swedia ternyata masuk sebagai negara dengan harga BBM termahal di dunia. Pengeluaran rakyat disana untuk BBM hanya sekitar 7,7% dari penghasilan mereka yang rata-rata 20 juta rupiah. Wew...

#7. Inggris


Selain terkenal karena jam Big Bennya, Inggris juga terkenal karena harga BBMnya. Kenaikan ini terjadi karena krisis yang melanda Eropa tahun 2012 ini. Pengeluaran warga di sana untuk membeli BBM adalah sekitar 1,7 juta rupiah perbulannya, yang artinya 12% dari pendapatan rata-rata rakyat Inggris yang bepenghasilan rata-rata 15 juta rupiah.

10 Negara dengan Harga BBM Termahal Sedunia

#6. Denmark


Denmark merasakan krisis yang sama seperti yang dialami Inggris. Para warga di sana harus merogoh kocek sekitar 1,71 juta rupiah perbulannya hanya untuk BBM. Dengan gaji rata-rata yang didapat warga di sana sekitar 20 juta perbulan, pengeluaran mereka untuk BBM tergolong rendah untuk sebuah negara maju.

#5. Yunani


Yunani, salah satu negara Eropa yang juga terkena dampak krisis global ini berada di urutan ke-5 sebagai negara dengan harga BBM termahal sedunia. Dengan ditambahnya banyak pengangguran di sana, rakyat Yunani harus mengeluarkan sekitar 1,71 juta rupiah per bulannya untuk membeli BBM. Dengan pendapatan rata-rata 6,5-7 juta rupiah per bulan, harga tersebut sungguh membuat rakyat negeri Zeus itu harus berhemat tiap harinya hingga krisis benar-benar pulih.

#4. Italia


Di urutan ke-4 ditempati oleh negeri tempat menara Pisa berdiri miring, Italia. Harga BBM di Italia terus naik dalam 4 bulan terkahir di tahun 2012 ini hingga mereka harus merogoh kocek sekitar 1,75 juta rupiah perbulan untuk mengisi bahan bakar kendaraan mereka. Yah meskipun gaji rata-rata rakyat di sana cukup tinggi (bagi rakyat Indonesia loh ya, hhe), yaitu sekitar 10 juta rupiah per bulan.

#3. Belanda


Belanda berada di top-three negara-negara dengan harga BBM termahal sedunia. Mereka harus mengeluarkan 10% untuk belanja BBM (sekitar 1,76 juta) dari 17,6 juta rupiah pendapatan bulanan mereka.

#2. Turki


Negara yang terkenal dengan kebabnya ini didapuk berada di urutan ke-2 dalam negara-negara dengan harga BBM termahal sedunia. Dengan pendapatan rata-rata rakyat di sana sekitar 5,5 juta rupiah perbulannya, mereka membelanjakan 33% lebih untuk membeli BBM atau sekitar 1,8 juta rupiah dalam sebulan. 
 
10 Negara dengan Harga BBM Termahal Sedunia

#1. Norwegia


Norwegia berada di urutan teratas sebagai negara dengan harga BBM termahal sedunia. Para rakyat di sana mengeluarkan hampir 2 juta rupiah untuk membeli BBM setiap bulannya. Namun dengan gaji rata-rata pekerja di sana mencapai 25 juta perbulan, mereka hanya mengeluarkan sekitar 7,4% untuk membeli BBM, terendah dalam presentase pengeluaran dari negara-negara di atas yang telah ane sebutin.

Sumber: _http://www.thisismoney.co.uk/money/cars/article-2127644/Worlds-expensive-petrol-hotspots-revealed-Norway-tops-charts--does-Britain-make-ten.html_