10 Kendaraan Militer Paling Unik di Dunia

11 Kendaraan Militer Paling di Dunia

Ngeliat tank udah biasa kan? Bagaimana dengan yang berikut, 11 kendaraan militer paling unik di dunia ini pasti bikin agan-agan berdecak kagum deh!

M60A1 Armored Vehicle-Launched Bridge (AVLB)


10 Kendaraan Militer Paling di Dunia: Kendaraan Lapis Baja M60A1 - Launched Bridge (AVLB)

AVLB M60A1 digunakan sebagai jembatan yang dapat berpindah dengan menggunakan sistem gunting. Panjang Maksimal jembatannya adalah 18 meter. Salah satu kendaraan militer paling unik di dunia ini mempunyai 3 bagian utama, yaitu peluncur, badan dan jembatan. Jembatan adalah untuk kendaraan dilacak dan roda.

Kendaraan Lapis Baja Trojan


10 Kendaraan Militer Paling di Dunia: Kendaraan Lapis Baja Trojan

Kendaraan lapis baja trojan adalah salah satu kendaraan militer paling unik di dunia yang dimiliki oleh Royal Engineers, Angkatan Darat Inggris. Selain digunakan sebagai kendaraan basis perlindungan yang efektif, kendaraan ini juga biasa digunakan sebagai kendaraan pembersih ranjau darat serta dilengkapi dengan senapan mesin menanggulangi ancaman darat dan udara. Kecepatan kendaraan ini dapat mencapai 59km/jam.

Engin de Franchissement de l'Avant (EFA)


10 Kendaraan Militer Paling di Dunia: EFA (Engin de Franchissement de l'Avant)

Kendaraan ini digunakan oleh militer angkatan darat Perancis. Selain sebagai basis perlindungan dan kendaraan militer yang tangguh, fungsi lainnya adalah sebagai jembatan atau juga feri.

M3 Amfibi RIG


10 Kendaraan Militer Paling di Dunia: M3 Amfibi RIG

M3 Amfibi RIG adalah salah satu kendaraan militer paling unik di dunia yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan EFA. Kecepatan maksimumnya 80km/jam di darat dan 14 km/jam di air.

Wolverine M104 Heavy Assault Bridge


10 Kendaraan Militer Paling di Dunia: Wolverine M104 Heavy Assault Bridge

Selain sebagai kendaraan militer yang multi-fungsi, Wolverine M104 juga memiliki perangkat komunikasi yang canggih untuk dapat tetap berhubungan dengan pusat komando bahkan dari jarak yang sangat jauh.

Landing Craft Air Cushion (LCAC)


10 Kendaraan Militer Paling di Dunia: Landing Craft Air Cushion (LCAC)

LCAC digunakan oleh Angkatan Laut AS untuk mengangkut senjata, peralatan dan elemen yang mendukung peralatan militer lainnya. LCAC juga digunakan oleh angkatan laut Jepang.

10 Kendaraan Militer Paling di Dunia: Landing Craft Air Cushion (LCAC)

Panjangnya kendaraan militer ini adalah 87 kaki 11 inci atau sekitar 26,4 meter dengan kecepatan maksimal 74 km/jam. LCAC juga dilengkapi dengan 2 senapan mesin 12,7mm.

Kendaraan Ekspedisi Petarung (EFV)

10 Kendaraan Militer Paling di Dunia: Kendaraan Ekspedisi Petarung (EFV)

EFV adalah kendaraan militer paling unik di dunia yang tergolong masih baru dan dalam tahap pengembangan. Direncanakan akan dioperasikan sepenuhnya pada tahun 2015. Kendaraan lapis baja ini hanya digunakan oleh Korps Marinir AS.

Rhino Runner


10 Kendaraan Militer Paling di Dunia: Rhino Runner

Percayakah agan-agan bahwa salah satu kendaraan militer paling unik di dunia ini adalah sebuah bus? Rhino Runner merupakan bis lapis baja yang banyak digunakan di perang Irak sebagai transportasi yang aman bagi kontraktor sipil dan juga personil militer. Rhino Runner juga digunakan secara ekstensif untuk mengangkut tahanan pengadilan di Irak.

M270 Multiple Launch Rocket System (M270 MLRS)


10 Kendaraan Militer Paling di Dunia: M270 Multiple Launch Rocket System (M270 MLRS)

Kendaraan militer ini sudah pernah digunakan dalam aksi perang Teluk dan perang Irak. Jumlah produksi nya pun udah mencapai 1300an serta lebih dari 700.000 roket juga telah diproduksi.

PTS Plavayushij Transportyor - Srednyj


10 Kendaraan Militer Paling di Dunia: PTS Plavayushij Transportyor - Srednyj

Salah satu kendaraan militer paling unik di dunia ini adalah sebuah kendaraan transportasi amfibi yang digunakan oleh Uni Soviet. Kendaraan ini diperkenalkan pada tahun 1965. Selain digunakan Uni Soviet, kendaraan ini juga digunakan oleh Mesir, Uruguay, Irak dan beberapa negara lain.

Sumber: _http://socyberty.com/military/11-worlds-most-unique-military-vehicles/_